Pahami Cara Kerja Digital Marketing Secara Mudah!

Cara Kerja Digital Marketing – Dalam dunia marketing, istilah digital marketing digunakan untuk atifitas pemasaran yang memanfaatkan media digital. Pada dasarnya cara kerja digital marketing memiliki variasi yang beragam. Namun, yang perlu dicatat, tujuan akhirnya sama yaitu meningkatkan penjualan suatu produk/ jasa.

Untuk mencapai tujuan tersebut, penerapan digital marketing harus tepat. Digital marketing merupakan suatu teknik yang diaplikasikan dalam memasarkan suatu bisnis atau usaha. Namun, ketika Anda tidak memahami cara kerjanya secara tepat, alih-alih mendapatkan profit  yang diinginkan, bisnis Anda akan mengalami kerugian.

untuk memahami tujuan dan medianya anda bisa membaca artikel Apa itu Digital Marketing. sedangkan Cara Kerja Digital Marketing berbeda dengan Daftar Pekerjaan Digital Marketing. Lalu, bagaimana cara kerjanya? Yuk cari tahu!

1. Pahami Jenis Bisnis dan Usaha yang Anda Lakukan

Pertama-tama, Anda harus paham terkiat jenis bisnis yang sedang dilakoni. Apakah bisnis yang Anda lakukan termasuk jenis produk untuk kebutuhan primer, sekunder, atau tersier. Ketika Anda bisa memahami jenis usaha yang sedang dilakukan, akan mudah dalam menentukan target.

2. Memahami Segmentasi Pasar

Pada dasarnya, setiap produk yang disuguhkan tidak semua orang akan membelinya. Mengapa demikian? Minat dan kebutuhan setiap orang sangat berbeda-beda. Hanya orang tertentu yang berkebutuhan serta memiliki minat untuk membeli produk yang Anda tawarkan.

Maka dari itu, produk barang/ jasa memiliki segmen pasarnya masing-masing. Mari ambil contoh, jika Anda menyediakan produk hijab, maka target marketnya seorang wanita muslimah. Begitu pun dengan produk lainnya, target marketnya harus disesuaikan dengan barang/ jasa yang disuguhkan.

3. Memilih Media Digital Marketing Secara Tepat

Anda harus memilih media digital marketing yang sesuai dengan produk yang ditawarkan. Banyak media digital yang bisa dimanfaatkan, mulai dari Instagram, Marketplace, Youtube, Facebook, Website, Google My Bisnis dan sebagainya.

Pastikan Anda memilih media digital marketing yang tepat, sehingga hasilnya pun lebih memuaskan. Contoh pemilihan media digital marketing untuk bisnis servis mobil, maka disarankan untuk menggunakan Website atau pun Google My Bisnis.

4. Membuat Funneling dari Traffic hingga Sales

Dalam pembuatan funneling terdapat beberapa urutan yang tertata. Adapun urutannya yang tepat yaitu mengumpulkan visitor dari berbagai media digital => gunakan cara untuk menarik minat visitor => visitor berkomunikasi dengan contact yang tersedia => goal mencapai sales penjualan.

Ketika visitor sudah mencapai tahapan hubungi contact,maka seorang customer service sangatlah berperan. Pastikan untuk menjalankan perannya secara tepat, sehingga visitor pun merasa nyaman. Untuk selanjutnya mencapai akhir yang menguntungkan.

5. Mengikat Rantai Digital

Setelah melakukan pemilihan media yang paling tepat, Anda bisa melakukan ikatan rantai dengan media  digital lainnya. Hal ini sebagai salah satu langkah untuk memudahkan konsumen. Selain tu, media digital yang saling melengkapi akan berpengaruh baik pada peningkatan traffic. Namun, pastikan media yang terhubung pun merupakan media digital marketing yang tepat untuk bisnis Anda.

6. Pengelolaan Iklan Digital dengan Baik

Poin 6 ini merupakan langka terakhir yang bisa Anda lakukan setelah memaksimalkan tahapan-tahapan sebelumnya. Kelola iklan boleh dilakukan ketika Anda sudah maksimal step by step. Inilah cara kerja digital marketing yang tepat untuk hasil yang memuaskan.

Untuk iklan banyak yang bisa Anda gunakan, mulai dari Google Ads, Ig Ads, Fb Ads, atau pun Endorse. Jika ingin menghemat budget, Anda bisa melakukan 5 tahap sebelumnya maksimal hingga 100% diterapkan.

Baca Juga : Langkah Memulai Digital Marketing

Nah, itulah cara kerja digital marketing yang perlu Anda pahami betul-betul. Anda juga bisa menggunakan layanan jasa digital marketing untuk mencapai hasil yang lebih maksimal. Salah satunya, tim SEO Lab yang siap menjadi rekan bisnis dalam melakukan digital marketing pada bisnis Anda.

Leave a Comment