Memahami Pengertian dan Peranan Digital Marketing Agency

Digital marketing agency merupakan istilah yang digunakan untuk penyalur jasa pengelolaan marketing secara digital. Agen tersebut bisa perupa perorangan maupun dalam bentuk perusahaan. Dalam hal ini, agen digital marketing akan membantu dalam proses perancangan hingga pengelolaan digital marketing suatu perusahaan.

Pengelolaan ini, secara umum mencakup SEO, SEM, branding, sosial media marketing, content marketing, display advertising, sosial media management dan sebagainya. Setipa usaha/ bisnis tertentu tidak akan lepas dari kegiatan marketing. Dalam dunia bisnis, peranan digital marketing sangatlah krusial. Maka dari itu penting untuk bisa mengelolanya dengan baik.

Mengapa Harus Menggunakan Digital Marketing Agency?

Pada dasarnya, mayoritas perusahaan banyak yang tertarik menggunakan digital marketing agency. Mengapa demikian? Hal ini didukung beberapa faktor yang bisa dipertimbangkan untuk bisa menikmati layanan digital marketing agency. Apa saja faktor-faktor tersebut? Yuk cari tahu!

1. Memiliki Tim Profesional

Setiap agen digital marketing tentunya dihimpun oleh suatu tim yang professional. Banyak agen yang menempatkan orang-orang berpengalaman serta expert dalam bidang tersebut. Ketika proses marketing Anda ditangani oleh ahlinya, bukankah itu lebih menenangkan.

2. Manfaatkan Pengalaman Tim Agency

Dalam berbagai bidang, pengalaman adalah salah satu pembelajaran yang sangat berharga, serta mampu meningkatkan keprofesionalan seseorang. Dalam hal digital marketing agency pun, manfaat dari pengalaman tim agency sangatlah penting. Berbagai konsep berkualitas serta relevan pun bisa direncanakan sebaik mungkin.

3. Kelengkapan Sumber Daya Agency

Setiap agen digital marketing umumnya memiliki sumber daya yang lengkap. Selain itu, ditangani oleh tim professional yang berkaitan dalam bidang tersebut. Dalam hal ini, mereka mampu menyajikan ragam pilihan yang disuguhkan jasa agency dengan memperhatikan kebutuhan suatu perusahaan.

4. Agency Mengerjakan Sesuai Pesanan, Dibayar Sesuai Penawaran

Dalam hal ini, agen akan melakukan pengerjaan marketing sesuai pesanan suatu perusahaan. Begitu pun dalam perihal pembayaran, akan menyesuaikan penawaran perusahaan tersebut. Hal ini berdasar pada kesepakatan dua belah pihak, sehingga jalinan kerja sama pun akan lebih lancar. Agency yang terpilih akan memegang tanggung jawab yang diberikan sampai pengerjaan mencapai target yang dituju.

5. Kontrak Kerja Menyesuaikan Hasil

Sistem agency sangatlah adil. Ketika Anda merasa kurang puas dengan hasil pengerjaan tim agen, maka bisa memutuskan kontrak. Sebaliknya, pengerjaan yang bagus akan mmebuat kontrak bertahan lebih lama. Maka dari itu, setiap agen memiliki keseriusan tinggi untuk bisa memberikan kepuasan pada customer-nya.

Peranan Digital Marketing Agency untuk Bisnis?

Keberadan digital marketing agency memiliki peranan penting untuk kemajuan suatu bisnis. Hal ini mencakup beberapa hal yang sangat krusial, mulai dari perencanaan hingga optimasi SEO. Adapun informasi lengkapnya yakni sebagai berikut:

1. Membangun Konsep

Pertama setiap agen digital marketing akan membantu kliennya dalam membangun konsep marketing digital. Hal ini mencakup pembuatan, perencanaan hingga pengelolaan konsep yang ditetapkan. Dalam hal ini, Anda juga bisa memberikan saran berupa strategi yang bisa digunakan secara efektif dan efisien. Setiap ide dan gagasan yang dikemukakan akan menjadi pertimbangan tim agen.

2. Pengelolaan Media Digital

Selanjutnya, tim akan melakukan pengelolaan media digital. Dalam tahapan ini, hal yang dilakukan mencakup pembuatan website, software, aplikasi hingga pembuatan Instagram bisnis. Selain itu, tim akan membantu penyajian konten berkualitas, update hingga maintenance.

3. Pengelolaan Iklan

Peranan lainnya yaitu mengelola marketing digital dengan fokus utama anggaran iklan landing page. Hal ini mencakup Google Ads, Youtube, Facebook Ads,  dan sebagainya. Setiap kegiatan memiliki budget  yang berbeda-beda.

4. Mendukung Proses Marketing

Tim agen akan membantu proses marketing sesuai tujuan yang ditargetkan suatu perusahaan. Umumnya, setiap perusahaan memiliki tujuannya masing-masing. Tim akan mengikuti serta membantu sesuai tujuan perusahaan yang berkaitan

5. Optimasi SEO

Melakukan optimasi SEO dengan menggunakan kata kunci yang beragam. Hal ini dilakukan untuk mencapai rangking pertama di halaman utama mesin pencarian. Inilah tujuan utama perusahaan untuk melakukan optimasi SEO.

Baca Juga : Pengertian Digital Marketing

Menggunakan Agency atau Staff  Karyawan?

Tidak sedikit perusahaan yang mempertimbangkan segi efektifitas biaya maupun waktu. Jika Anda memilih untuk merekrut staff digital marketing maka Anda harus mencari yang memiliki kesiapan dalam pengelolaan perusahaan. Dalam hal ini, Anda akan membutuhkan waktu untuk proses rekrutmen.

Selain itu, perekrutan staff akan membuat perubahan kultur, jika memang belum tersedia divisi digital marketing. Lain halnya, jika perusahaan sudah membentuk divisi ini dari awal, maka tidak akan terlalu berbeda.

Alternatif lainnya, Anda bisa menggunakan digital marketing agency dengan kontrak sesuai kesepakatan bersama. Banyak agency yang bisa Anda pilih, salah satunya SEO Lab, kami siap membantu proses digital marketing perusahaan Anda hingga mencapai hasil yang ditargetkan. Kepuasan customer adalah titik keberhasilan kami.

Leave a Comment