Berapa Lama Waktu untuk Belajar Digital Marketing

Waktu untuk Belajar Digital Marketing – Bagi para pebisnis atau pun usahawan, belajar teknis digital marketing sangatlah diperlukan. Hal ini sebagai salah satu penunjang untuk membantu dalam meningkatkan marketing dan sales suatu perusahaan. Banyak media internet digital yang bisa dimanfaatkan. Untuk teknisnya, dibutuhkan belajar yang sungguh-sungguh. Lalu, berapa lama waktu untuk belajar digital marketing?

Untuk mengikuti perkembangan zaman menuju era digital, tentu Anda diharuskan belajar, sehingga tidak ketinggalan zaman. Beberapa teknis yang hendaknya dipelajari mencakup SEO, pengelolaan website, SEM, Google Ads, dan media internet marketing lainnya yang bisa dimanfaatkan. Waktu pembelajaran yang harus ditempuh pun bukanlah waktu yang singkat.

Mengacu pada beberapa pengalaman termasuk pengalaman kami juga, belajar digital marketing membutuhkan waktu minimal 3 bulan untuk materi, dan 6 bulan untung jam terbang serta pengalaman.

Berikut Gambaran lama Waktu untuk belajar digital marketing

1. Membangun Suatu Website (3-6 Bulan)

Secara umum, website ada yang menggunakan program CMS ada juga yang menggunakan code HTML. Untuk belajar bagaimana membangun website yang baik dan pengelolaannya, Anda membutuhkan estimasi waktu sekitar 3-6 bulan. Hitungan ini mengacu pada kursus umum yang banyak dilakukan. Adapun estimasi pembelajarannya sekitar 6 jam dalam seminggu, sebanding dengan 2-3 jam dalam sehari.

Untuk pembelajaran di perkuliahan yang lebih ekspert biasanya memakan waktu 1 hingga 2 semester. Bagi pemula, pembangunan suatu website cukup sulit dilakukan. Website yang dimaksud bukan sekedar blog yang sudah tersedia template, melainkan website yang benar-benar didesain oleh sendiri.

Fokus otak manusia memiliki batasan, terutama dalam belajar memprogram suatu website, dibutuhkan 2 hingga 3 jam dalam sehari.

2. Optimasi SEO (6-8 Bulan)

Untuk bisa memahami bentuk optimasi SEO dibutuhkan waktu sekurang-kurangnya 6-8 bulan. Pada dasarnya, belajar SEO memakan waktu lama pada bagian trial & error, menganalisa Webmasters dan search engine serta membuat backlink. Pada beberapa kasus, jika ingin fokus pada SEO saja waktu 3 bulan sangatlah kurang. Hal ini dikarenakan, beberapa trik harus dilakukan tes langsung dan hasilnya pun dari Google langsung.

Proses yang paling lama yakni dalam membangun sebuah link. Mengapa demikian? Ketika menerapkan satu trik dan hasilnya gagal, maka harus diterapkan trik lainnya. Nah, penerapan trik inilah yang memakan waktu lebih lama.

3. Penerapan SEM (3 Bulan)

Selanjutnya, belajar untuk menerapkan SEM (Search Engine Marketing).  Mayoritas, yang banyak digunakan adalah Google Ads. Selama satu bulan difokuskan untuk pembelajaran dalam pengelolaan dashoard iklan. Selanjutnya, bisa dipraktikkan secara langsung.

Selanjutnya, pembelajaran mengenai peringkat suatu iklan, penayangan, serta jumlah klik yang dicapai. Selain itu, membandingkan konversi penjualan. Hal ini tentunya harus didasari dengan niat dan tekad yang sungguh-sungguh. Sehingga, proses belajar pun bisa dilakukan dengan lancar.

4. Dukungan Facebook dan Instagram Ads (3 Bulan)

Selanjutnya, belajar untuk memanfaatkan media sosial, seperti Facebook dan Instagram Ads. Kedua teknik tersebut merupakan teknik yang cukup populer digunakan para pebisnis. Dalam hal ini, Anda dituntut untuk belajar dan memahami berbagai fitur yang disajikan untuk proses marketing melalui media sosial.

Anda juga dituntut untuk bisa melakukan pengaturan yang tepat terkait suatu iklan. Selanjutnya, pahamai manajemen iklan secara menyeluruh, mencakup analisa iklan secara maksimal. Pahami setiap jenis iklan dan dengan mencobanya, tentu akan lebih mudah untuk dipelajari.

Baca Juga : Perbedaan SEO vs Google Ads

Bagaimana Jika Mengikuti Pelatihan Digital Marketing 1-2 Hari?

Terkait pelatihan yang kerap diadakan oleh beberapa instansi atau pun organisasi pada dasarnya sangatlah bermanfaat. Hal ini menjadi salah satu alternatif yang bisa digunakan sehingga lebih hemat waktu. Melalui pelatihan, Anda akan mengetahui sedikitnya tahapan-tahapan yang harus dilewati.

Selain itu, mentor dalam pelatihan merupakan ahlinya di bidang digital marketing. Tentunya, ilmu yang di-share pun sangatlah penting untuk diserap.

Ketika sudah mengikuti pelatihan, dilanjutkan dengan belajar secara khusus, tentunya akan lebih mudah untuk dijalani. Untuk mencapai predikat ahli di bidang digital marketing tentunya dibutuhkan waktu 15 bulan lebih. Hal ini prediksi untuk mencapai hasil yang maksimal. Jika hanya mengenal sekilas saja tentu tidak akan membutuhkan waktu yang lama.

Nah, itulah kira-kira lama waktu untuk belajar digital marketing. Jika memang Anda memiliki waktu luang yang banyak, hal ini patut untuk dicoba. Sebaliknya, untuk Anda yang padat dengan kesibukannya, tentunya bisa menggunakan layanan jasa digital marketing sebagai alternatif untuk mengembangkan bisnis Anda. Kami, tim SEO Lab siap membantu apa yang dibutuhkan website Anda.

Leave a Comment