Peran SEO dalam Membangun Brand Awareness

Peran SEO dalam Membangun Brand Awareness – Untuk meningkatkan traffic serta mendapatkan calon customer yang potensial, peran SEO sangatlah krusial. Peran SEO dalam membangun brand awareness menjadi hal yang harus diperhatikan dalam mengembangkan suatu bisnis.

Teknik SEO website yang tepat mampu meningkatkan visitors pada suatu website. Setiap visitor-nya berpeluang menjadi customer potensial untuk melakukan pembelian produk atau pun jasa yang ditawarkan. Dalam dunia digital marketing, SEO adalah bagian penting yang tidak akan terpisahkan.

Apa itu brand awareness? Merupakan sebuah tahapan perjalanan seorang customer, dimulai dari tahu, mengingatnya, perkenalan hingga benar-benar yakin ingin menggunakannya. Lalu, apa saja peran SEO dalam membangun brand awareness?

Seberapa Penting Meningkatan Brand Awareness?

Meningkatkan brand awareness adalah suatu hal yang penting dilakukan dalam dunia digital marketing. Proses meyakinkan calon konsumen sangatlah penting untuk mencapai goal yang diinginkan, yaitu menggunakan produk atau pun jasa yang ditawarkan.

Tidak sedikit ditemukan calon konsumen yang masih ragu untuk menggunakan suatu produk. Inilah tugas dari divisi marketing untuk bisa mengubah keraguan menjadi keyakinan untuk menggunakan produk/ jasa yang ditawarkan.

Case Study SEO untuk Meningkatkan Brand Awareness

Case Study SEO untuk Meningkatkan Brand Awareness

Mayoritas, calon konsumen akan merasa ragu ketika dihadapkan dengan produk baru dari brand tertentu. Meskipun brand-nya sudah populer, tapi produk baru biasanya mendatangkan keraguan bagi setiap calon konsumen.

Dalam hal ini divisi marketing harus memperkenalkan produk baru emlalui media digital yang tersedia. Pengenalan inilah yang akan menjadi langkah untuk menghilangkan keraguan pada calon konsumen. Dibutuhkan komunikasi yang lebih intens, sehingga konsumen bisa yakin 1001% terhadap produk baru Anda.

Umumnya, calon konsumen akan mencari informasi terkait produk baru tersebut. Lalu mencari ulasan terkait review produk tersebut serta melakukan perbandingan dengan produk lainnya. 90% calon konsumen akan mencari informasi dari mesin pencarian Google.

Peran SEO dalam Membangun Brand Awareness

Peran SEO

Dimulai dengan tertarik, lalu mencari-cari informasi terkait suatu produk hingga benar-benar yakin untuk membelinya, tahapan ini tentu pernah Anda rasakan ketika menjadi konsumen untuk suatu produk. Banyak yang menggunakan search engine untuk mencari informasi berkaitan. Dalam hal ini, peran SEO sangatlah krusial. Di antara peran tersebut, antara lain:

1. Riset Spesifikasi Keyword

Dalam membangun brand awareness, peran SEO yaitu melakukan riset spesifikasi keyword. Melakukan pencarian keyword yang paling potensial sesuai informasi yang dibutuhkan konsumen. Hal ini akan membantu meningkatkan kepercayaan dari calon konsumen.

Selanjutnya, membedakan tipe keyword engan memperhatikan goal dari distribusi suatu konten. Hal ini harus dilakukan melalui riset yang maksimal, sehingga hasilnya pun akan lebih memuaskan.

2. The Power of Content SEO

Keberadaan content SEO  merupakan poin penting harus dperhatikan sehingga bisa melakukan spesfikasi secar tepat terhadap psikologi customer. Dalam hal ini, Anda tidak bisa membohongi calon customer dnegan menyajikan konten bernuansa iklan. Fokus utamanya yaitu ulasan terhadap kualitas produk, yang disajikan secara informastif tanpa ada penawaran iklan.

Peran SEO sangatlah penting dalam memberikan akses mudah dan cepat untuk proses distribusi suatu konten. Setiap konten akan diidstribusikan secara tepat pada customer potensial yang sedang mencari di mesin pencarian seperti Google.

3. SEO Teknik Terbaik untuk Jangka Panjang

Setiap konten yang muncul di halaman utama mesin pencarian, perlahan akan mampu meningkatkan banyak visitors. Secara otomatis, trafik pun akan terbangun, brand awareness juga perlahan berjalan tanpa ribet. Inilah langkah membangun digital marketing dengan teknik berjangka panjang.

Nah, itulah peran SEO dalam membangun brand awareness suatu bisnis. Jika dilakukan secara maksimal, bisnis Anda pun akan berkembang sebagaimana yang diharapkan. Untuk mempermudah penerapan teknik SEO, Anda bisa melakukan kerja sama dengan penyedia jasa SEO, seperti halnya SEO Lab.

5/5 - (3 votes)

Leave a Comment