Cara Install Xampp di Windows Terbaru 2022

Jika kamu ingin membuat website secara lokal di PC maka perlu menginstal Xampp. Ada beberapa tahapan untuk cara install Xampp di Windows agar aplikasi ini bisa berjalan sempurna di PC. 

Umumnya aplikasi ini digunakan untuk mengetes suatu website secara lokal di PC. Selain itu, tools ini terkadang dijadikan sebagai alternatif bagi pengguna yang tidak ada budget untuk membeli hosting dan domain. 

Bagi kamu yang ingin mencoba, tools ini sangat mudah dijalankan baik di localhost atau di komputer. Menariknya proses menjalankan tools ini juga tidak perlu menggunakan koneksi internet. 

Apa itu Xampp?

Xampp adalah aplikasi yang bisa digunakan untuk membuat web server secara lokal. Dengan server tersebut, kamu bisa mengetes website tertentu sebelum di launch secara online. 

Pilihan pada aplikasi ini tidak lain karena sangat ringan untuk dijalankan di perangkat PC apapun. Berbagai komponen yang ada di dalam aplikasi ini seperti Apache, MySQL, PHP, dan yang lainnya. 

Xampp bisa kamu jalankan di semua sistem operasi seperti Windows, Mac dan juga Linux. Dalam tutorial ini hanya akan dijelaskan tentang cara menggunakan Windows yang bisa kamu install di perangkat

Hal yang Dibutuhkan Sebelum Instalasi XAMPP

Untuk menjalankan aplikasi ini maka dibutuhkan beberapa hal dan berikut ulasan selengkapnya:

Perangkat Windows

Kamu perlu menyiapkan PC atau sewa laptop yang menggunakan sistem operasi Windows. Untuk tipenya boleh jenis apa saja termasuk PC yang jadul pun bisa digunakan. 

Aplikasi Xampp

Untuk hal yang lainnya juga perlu menyiapkan aplikasi Xampp dan nantinya bisa di unduh secara online. Untuk mengunduh aplikasi ini diperlukan koneksi internet hingga aplikasi selesai dilakukan. 

Cara Install Xampp di Windows Terbaru

Sebelum proses instalasi dilakukan, kamu harus memiliki aplikasi Xampp terlebih dahulu. Aplikasi ini bisa kamu dapatkan dengan mengunduh dari situs tertentu yang ada di internet. 

Untuk mengunduhnya, kamu bisa klik disini kemudian lakukan instalasi dengan cara sebagai berikut:

  1. Silahkan kamu klik aplikasi yang di unduh lalu saat muncul pop up silahkan klik next. 
  2. Saat muncul pesan lagi maka kamu bisa klik next lagi untuk masuk ke halaman selanjutnya.
  3. Kamu akan ditampilkan mengenai komponen apa yang ingin ditampilkan di aplikasi tersebut. Kamu bisa centang di bagian MySQL dan phpMyAdmin saat akan menjalankan website secara otomatis. 
  4. Silahkan pilih folder yang akan digunakan, disarankan memilih direktori C. 
  5. Saat muncul pesan selanjutnya, kamu bisa klik next saja. 
  6. Tunggu beberapa saat maka proses instalasi Xampp akan selesai.
  7. Setelah selesai, kamu bisa centang di bagian do you want start the control panel now? Lalu lanjutkan dengan mengklik finish. 

Dengan cara di atas maka aplikasi ini sudah berhasil di install di PC dan bisa langsung dijalankan. Namun jika kamu tidak ingin menjalankan secara langsung maka bisa dilewati untuk langkah yang terakhir. 

Cara Menjalankan Xampp

Setelah proses instalasi selesai dilakukan maka kamu bisa langsung menjalankan aplikasi tersebut. Untuk menjalankannya pun cukup mudah dimana kamu tinggal klik start di bagian Apache dan MySQL. 

Jika di bagian tersebut berwarna hijau maka aplikasi berhasil dijalankan di WIndows. Namun jika belum maka kamu bisa mencobanya hingga bagian tersebut berwarna hijau. 

Apa sih Fungsi XAMPP?

Dari namanya saja kita sudah bakal tahu, kalau XAMPP itu singkatan dari X (variable operasi sistem apapun), Apache, MySQL, PHP, dan Perl. XAMPP ini sangat berguna sekali untuk para web developer yang mengembangkan website nya berbasis server. Selain itu, XAMPP juga cocok untuk tampilan website yang baik dan dinamis.

Fungsi XAMPP yaitu sebagai server yang berdiri sendiri (localhost), yang terdiri atas program Apache HTTP Server, MySQL database, dan penerjemah bahasa yang ditulis dengan bahasa pemrograman PHP dan Perl.

Jadi cara install Xampp di Windows bisa dilakukan di perangkat PC atau laptop. Pastikan kamu sudah mengunduh aplikasi tersebut dan install lalu jalankan di perangkat. Untuk menjalankannya pun cukup mudah dimana tinggal klik start di bagian Apache dan MySQL.

5/5 - (7 votes)

Leave a Comment