Teknik Optimasi Website

8 Teknik Optimasi Website – Berbisnis secara online, tidak cukup hanya membuat website saja. Melainkan harus dilakukan optimasi terlebih dahulu. Fungsi utama dari optimasi adalah mengoptimalkan suatu website dengan hasil mesin penacarian. Teknik optimasi website bisa dilakukan dengan beberapa cara.

Salah satu teknik yang digunakan yaitu optimasi dengan teknik SEO. Pada dasarnya SEO (Search Engine Optimization), memiliki banyak teknik di dalamnya. Teknik major yang diterapkan memiliki peranan penting untuk website Anda, mulai dari peningkatan trafik visitor, hingga tingkat konversi suatu website.

8 Teknik Optimasi Website dengan SEO

1. Index Google

Index Google

Pertama-tama, pastikan kalau website Anda sudah terindex Google. Untuk mengetahuinya, cukup sederhana. Kunjungi site:namawebsiteanda.com di mesin pencarian. Selanjutnya, hasil pencarian akan menampilkan website Anda yang sudah terindex atau pun belum. Lalu, bagaimana jika belum terindex?

Untuk website yang belum terindex, bisa dilakukan secara manual atau pun otomatis. Secara manual bisa dilakukan dengan melakukan submit secara langsung. Adapun secara otomatis, dilakukan dengan menginstal terlebih dahulu Google Search Console.

2. Isi Konten yang Berkualitas

Isi Konten yang Berkualitas

Website yang baik bukan hanya terkait tampilan saja, melainkan isinya pun harus  berkualitas. Hal ini bisa dilakukan dengan cara menyajikan konten yang tepat dan berkualitas. Dalam pembuatannya, tentukan target pasar serta lakukan penerawangan terkait minat calon customer. Selanjutnya, konten yang disajikan pun akan bermanfaat untuk mereka.

Tingginya kualitas website Anda berdasar pada standar Google dengan melihat lamanya visitor berkunjung pada website Anda. Sebaliknya, jika pengunjung banyak yang keluar dari website Anda dalam kurun waktu yang cepat, Google akan menilai rendahnya kualitas yang dimiliki website Anda. Maka dari itu, senantiasa berkreasi dan peka terhadap apa yang dibutuhkan customer, sehingga konten yang disajikan pun lebih berkualitas.

3. Menciptakan Landing Page Secara Optimal

Menciptakan Landing Page Secara Optimal

Selanjutnya, pastikan landing page yang Anda ciptakan didesain semenarik mungkin, dengan memerhatikan kualitas serta topik yang relevan dengan bisnis Anda. Keberaadan landing page yang baik dan tepat, akan membantu meningkatkan penjualan Anda. Maka dari itu, penting untuk memikirkan konsep menarik untuk landing page suatu website.

4. Kecepatan Loading

Kecepatan Loading

Pencarian online menggunakan perangkat mobile cukup mendominasi. Secara otomatis algoritma Google pun disesuaikan dengan tepat guna meningkatkan aksesibilitas suatu website. Hal ini didukung beberapa faktor, mulai dari teknologi kompresi, template, hingga platform cms.

Google memiliki tools khusus untuk mengetahui seberapa cepat website Anda. Dengan menggunakan tools tersebut, Anda bisa meningkatkan performa website berdasar rekomendasi yang diberikan. Hal ini dilakukan dengan memasukkan url website Anda pada tools yang tersedia. Selanjutnya, hasilnya akan diketahui secara langsung oleh Anda.

5. Audit Website

Audit Website

Untuk meningkatkan trafik  serta konversi penjualan yang lebih baik, melakukan audit website amatlah diperlukan. Teknik ini dilakukan guna mengetahui konsep, hasil hingga financial secara sistematis. Hal ini akan menjadi pertimbangan untuk meningkatkan atau pun memangkas tuntas suatu konten dalam website. Lihatlah bagian waktu kunjung para visitor, berapa  lama durasinya, hingga bounce rate wesbitenya.

6. Memperbaiki Tautan yang Rusak

Memperbaiki Tautan yang Rusak

Baik inbound link atau pun outbound link yang dimasukkan telah rusak (broken link) hendaknya segera diperbaiki. Hal ini akan berpengaruh buruk pada SEO, selanjutnya berpengaruh pula pada rangking website di mesin pencarian. Terdapat banyak situs yang bisa dimanfaatkan untuk mencari broken link, selanjutnya Anda bisa melakukan perbaikan atau pun menghapus link yang telah rusak tersebut.

Baca Juga : Digital Marketing untuk Pemula

7. Submit Sitemap

Submit Sitemap

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, website yang dimiliki hendaknya terindex Google. Selanjutnnya, jangan lupa untuk memasukkan sitemap pada Google Serach Console. Hal ini dilakukan guna menjadikan postingan terbaru dalam suatu website terindex lebih cepat.

8. Membuat Link Building

Membuat Link Building

Dalam melakukan optimasi suatu website, pembuatan link building tidak bisa dipisahkan. Hal ini menjadi dalah satu faktor yang akan menentukan peringkat suatu website di mesin pencarian. Untuk menerapkannya diperlukan kecermatan, jika dilakukan secara gegabah dan tergesa-gesa, berdampak negatif pada website Anda.

Untuk menghindari dampak yang tidak di inginkan, sebaiknya anda bisa menggunakan jasa link building atau SEO Off Page. silahkan kunjungi Jasa PBN.

Itulah beberapa teknik yang bisa diterapkan dalam mengoptimasi website dengan SEO. Ketika teknik optimasi website dilakukan secara efektif dan efisien, manfaat dari digital marketing pun bisa Anda rasakan pada bisnis yang sedang ditekuni.

Namun, jika dirasa memiliki kesulitan dalam setiap tahapannya, Anda bisa menghubungi kami. SEO Lab siap memberikan layanan yang dibutuhkan website Anda, begitu pun untuk layanan Web Development dan jasa SEO Profesional.

Leave a Comment