Perbedaan Internet Marketing dan Digital Marketing

Perbedaan Internet Marketing dan Digital Marketing! – Melejitnya teknologi menciptakan era digital dalam beragam bidang, salah satunya bidang ekonomi bisnis. Banyak usahawan yang memanfaatkannya untuk ajang marketing yakni memasarkan setiap produk/ jasa yang ditawarkan. Semakin memperdalam teknologi, terdapat istilah internet marketing dan digital marketing. Mungkin masih banyak yang kebingungan dalam memahami kedua istilah tersebut. Lalu apa persamaan dan perbedaan internet marketing dan digital marketing?  Yuk kepoin!

Memahami Persamaan Internet Marketing dan Digital Marketing

Internal marketing maupun digital marketing memiliki persamaan yakni keduanya sama-sama melakukan pemasaran dengan memanfaatkan internet. Kedunya sama-sama memanfaatkan Search Engine Optimization (SEO) dan Search Engine Marketing (SEM). Persamaan di antara keduanya yakni melakukan proses marketing dengan dukungan internet, melalui beragam konten yang disajikan di blog atau pun media sosial yang beragam.

Proses pemasaran dengan internet marketing dan digital marketing dipandang efektif dan efisien. Hal ini bisa dilakukan dengan bentuk yang beragam, seperti koran digital, e-book, iklan banner, TVC, dan sebagainya.  Dalam pelaksanaannya, proses pemasaran bisa dilakukan dengan mudah. Selain itu, jangkauannya pun lebih luas dan banyak.

Apa Saja Perbedaan Internet Marketing dan Digital Marketing?

Di balik persamaan yang dimiliki internet marketing dan digital marketing, terdapat perbedaan mendasar di antara keduanya. Digital  marketing berfokus pada misi yang lebih luas, yakni bukan semata-mata ajang promosi. Namun, digital marketing juga sebagai salah satu sarana untuk bisa menjalin relasi yang baik dengan para customer serta menciptakan brand awareness.

Berbeda halnya dengan internet marketing yang berfokus pada kegiatan marketing yang menargetkan pengguna internet agar tertarik dan berminat terhadap produk dan jasa yang disuguhkan. Memanfaatkan internet guna merangkul banyak customer, digital marketing tidak hanya merangkul, melainkan membangun relasi yang baik dengan para customer.

Sekilas, digital marketing di dalamnya mencakup internet marketing. Digital marketing memiliki jangkauan yang luas, pengerjaan strategi marketing pun bisa digarap dengan memanfaatkan endors, webinar hingga sosial media dan sebagainya. Dalam melakukan internet marketing dan digital marketing tidak lepas dari SEO dan SEM. Untuk mencapai keberhasilan yang diangankan, ada baiknya Anda memanfaatkan jasa SEO yang disuguhkan SEO Lab yang berkiprah dalam melayani jasa digital markting agency.

Apakah Contoh Digital Marketing atau Internet Marketing?

Seperti yang disinggung sebelumnya, perbedaan internet marketing dan digital marketing yakni fokus utama digital marketing yang lebih luas dalam memanfaatkan teknologi. Penggunaan influencer yang menyampaikan pesan marketing dengan memanfaatkan teknologi, baik melalui Instagram maupun Youtube merupakan salah satu contoh kegiatan digital marketing.

Hal ini biasanya dilakukan dengan memanfaatkan seorang public figure yang memiliki followers dan subscribers yang banyak. Selain itu, dituntut untuk menarik perhatian masyarakat umum, terutama menarik perhatian para pengguna Instagram, Vlog, Blog, maupun Youtube. Dalam prosesnya, kegiatan ini tidak lepas dari teknologi dan internet guna menyampaikan pesan pada audiens (pengguna internet). Maka dari itu, internet marketing dan digital marketing merupakan satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan.

Artikel Terkait : 8 Fakta Digital Marketing untuk Bisnis

Manfaat Digital Marketing dan Internet Marketing

Keberadaan digital marketing dan internet marketing tidak lepas dari manfaat yang disuguhkan. Terdapat beberapa manfaat yang bisa dirasakan oleh para pebisnis yang memanfaatkan internet marketing maupun digital marketing. Di antara manfaat tersebut yakni sebagai berikut.

1. Membantu dalam Meningkatkan Penjualan

Internet marketing dan digital marketing mampu membantu dalam meningkatkan penjualan. Kedua teknik ini jika teroptimasi dengan baik, maka dapat menyajikan informasi terkait produk/ jasa yang ditawarkan secara unlimited yakni tanpa batas waktu maupun jarak. Adapun objek yang dijadikan targetnya yakni segenap pengguna internet.

Zaman yang semakin canggih membantu para konsumen untuk bisa mendapatkan informasi suatu produk terkini. Hal ini bisa dilakukan dengan mengunjungi website yang bersangkutan, atau pun akun media sosial yang bisa diakses selama 24 jam penuh. Bukankah hal ini lebih sepat dan praktis?

2. Membangun Relasi yang Mudah dengan Konsumen

Selain itu, manfaat lainnya yang bisa didapatkan yakni membangun relasi yang mudah dengan konsumen. Jarak  tidak akan menjadi penghalang dalam kelancaran berbisnis. Di mana pun konsumen berada, tetap bisa menjalin relasi yang baik dengan adanya digital marketing. Selain itu, brand yang disuguhkan pun akan lebih mudah terhubung terhadap konsumen.

Dengan adanya digital marketing, setiap konsumen dapat melakukan pemesanan dengan mudah, bisa melalui telepon, toko online, website, media sosial dan sebagainya. Membangun relasi yang baik amat penting dilakukan para pebisnis, guna mendapatkan kepercayaan dari banyak konsumen. Ketika konsumen merasakan kenyamanan terhadap layanan yang diberikan, bisnis Anda pun memiliki jalan cerah menuju kesuksesan.

3. Anggaran Marketing yang Lebih Hemat

Manfaat lainnya yakni menghemat dalam pengeluaran proses marketing. Dalam melakukan pemasaran, terutama bisnis yang berskala kecil bisa dilakukan secara gratis, karena pembuatan akun media sosial bisa dilakukan secara free. Dibutuhkan keuletan dan ketekunan dalam memasarkan produk yang ditawarkan.

Kalau pun proses pemasaran ingin lebh kompleks, maka anggaran pun akan lebih hemat dibanding marketing konvensional. Hal ini bisa dilakukan dengan membangun toko online, pasang iklan di beberapa media, hingga melakukan kolaborasi dengan influencer. Lalu, langkah mana yang akan Anda coba? Jika masih bingung, Anda bisa memanfaatkan layanan pembuatan iklan yang disuguhkan SEO Lab.

Baca Juga : Memulai Digital Marketing

Demikianlah ulasan terkait perbedaan internet marketing dan digital marketing. Ketika Anda paham terhadap perbeaan kedua teknik ini, maka dalam mempraktikannya pun bisa dilakukan secara mudah. Namun, jika masih mengalami kendala bisa konsul dengan ahlinya seperti SEO Lab yang siap membantu layanan digital marketing secara menyeluruh.

Leave a Comment