8 Fakta Digital Marketing untuk Bisnis

Inilah 8 Fakta Kesuksesan Era Digital Marketing untuk Bisnis! – Kini zaman semakin berkembang dan memasuki era digital. Banyak di antara pebisnis yang memanfaatkan kesempatan emas ini. Digital sebagai salah satu langkah untuk meningkatkan peluang dalam meraup kesuksesan berbisnis. Terdapat beberapa fakta digital marketing untuk bisnis yang bisa memberikan keuntungan bagi para enterpereneur.

Namun, di samping itu banyak pula yang masih belum paham bahkan ragu-ragu untuk memanfaatkan digital marketing dalam suatu bisnis. Hal ini harus diantisipasi dengan mencari tahu lebih banyak terkait data-data yang berkaitan dengan peran digital marketing terhadap suatu bisnis. Melejitnya digital marketing dipengaruhi dengan kemajuan internet yang semakin pesat.

Digital marketing sebagai salah satu langkah yang diambil pebisnis untuk memasarkan produk yang ditawarkan. Hal ini memandang betapa luas jangkauannya, mengingat pengguna internet yang tidak terbatas, bahkan tiap harinya mengalami peningkatan.  Lalu, apa saja fakta digital marketing untuk bisnis?

Berikut Fakta Digital Marketing untuk Bisnis

1. Pengguna Internet di Indonesia Semakin Meningkat

Tidak dapat dipungkiri, di zaman yang serba teknologi ini, internet menjadi salah satu kebutuhan utama. Selain dijadikan akses dalam komunikasi, juga dimanfaatkan sebagai berbisnis. Pada tahun 2016 saja, pengguna internet di Indonesia sudah mencapai hingga 132,7 juta. Apalagi sekarang di tahun 2021 yang segala sesuatunya mulai memasuki era digital.

Mengingat adanya pandemic Covid-19, berbagai akses dilakukan melalui internet. Hal ini dilakukan dari berbagai bidang, mulai dari pendidikan, komunikasi, akses informasi, perniagaan dan sebagainya. Era digital memaksa setiap masyarakat untuk bisa mendapatkan suatu informasi melalui akses internet. Hal ini tentunya menjadi salah satu alasan meningkatnya pengguna internet di Indonesia.

2. Mengakses Internet Rata-Rata 4-8 Jam per-Hari

Di masa pandemic yang tak kunjung berakhir menjadi salah satu alasan warganet lebih aktif mengakses internet. Hal ini dikarenakan banyak hal yang harus dilakukan dari rumah saja, guna terhindar dari penyebaran virus yang sedang melanda. Lantas, pengguna internet pun semakin lama menghabiskan waktunya dengan berselancar di internet.

Beragam akses, seperti berbelanja hingga belajar via online sedang booming dilakukan. Rata-rata pengguna internet bisa menghabiskan waktunya 4 hingga 8 jam dengan berselancar internet. Kisaran waktu tersebut amatlah lama, maka dari itu digital marketing tidak bisa diremehkan. Semakin banyak pengguna internet, maka semakin tinggi pula jangkauan untuk memasarkan produk/ jasa yang ditawarkan.

3. Biaya Iklan Digital Marketing Lebih Efisien

Fakta lainnya yakni digital marketing memiliki biaya iklan yang lebih efisien dibandingkan iklan konvensional. Pada dasarnya iklan digital bisa dilakukan dengan menggunakan software digital saja, tanpa ribet dengan kebutuhan lainnya. Maka dari itu, biaya iklan digital marketing dipandang lebih efisien karena tidak perlu memikirkan biaya perizinan, biaya cetak hingga penayangannya.

Digital marketing sebagai salah satu terobosan baru yang amat menguntungkan para pebisnis. Untuk melakukannya, Anda bisa mencoba salah satu layanan yang disuguhkan SEO Lab yakni jasa dalam pembuatan iklan Google Adwords.

4. Meningkatkan Omset Hingga 5-10 Kali Lipat

Digital marketing memberikan keuntungan yang amat besar, khususnya bagi para pebisnis. Memasarkan produk/ jasa melalui digital yang cakupannya lebih luas dan banyak lebih menggiurkan dibandingkan pemasaran secara mandiri. Masyarakat zaman sekarang lebih banyak memilih yang instan, sebagai contohnya lebih banyak memanfaatkan belanja online ketimbang belanja langsung di swalayan.

Jika Anda masih ragu untuk menggunakan digital marketing sebagai sarana pendukung bisnis, maka bisa percayakan pada jasa digital marketing yang lebih ahli. Hal ini bisa didapatkan dari pelayanan yang disuguhkan SEO Lab mencakup pelayanan digital marketing agency. Ketika pemasaran bisa dilakukan lebih luas, maka omset yang dihasilkan pun akan meningkat.

5. Internet Membantu Menyajikan Informasi Pada Customer

Di era yang serba digital ini, banyak warganet yang kerap melakukan searching  terlebih dahulu terkait produk/ jasa yang ingin dibelinya. Dengan mengakses internet, para customer bisa memahami produk/ jasa yang ditawarkan melalui informasi yang disuguhkan. Hal ini sebagai salah satu langkah meyakinkan costumer untuk tertarik terhadap produk/ jasa yang ditawarkan.

Selain itu, akses internet akan menunjang kenyamanan bagi setiap customer. Hal ini dikarenakan, mereka terlebih dahulu dapat menggali lebih dalam terkait informasi produk atau jasa yang akan dibeli. Dalam hal ini, informasi yang disajikan dalam website pun hendaknya akurat dan jelas, sehingga customer pun akan merasa yakin untuk menikmati produk/ jasa Anda.

6. Mampu Menyajikan Iklan yang Menarik dan Tersamarkan

Keberadaan iklan adalah salah satu hal yang amat tidak disukai banyak orang. Dalam dunia digital marketing, hal ini bisa disiasati dengan tampilan iklan yang lebih menarik dan tersamarkan. Bagaimana bisa? Tentu saja bisa, hal ini dilakukan oleh para kreator ahli dalam bidang digital marketing, seperti halnya layanan yang disuguhkan SEO Lab.

Dengan keahlian yang dimiliki, para kreator menciptakan iklan yang lebih menarik dan tampak tersamarkan. Hal ini dilakukan melalui ragam media, seperti Facebook atau pun Instagram. Alih-alih di-close, banyak diantara para warganet yang memilih untuk membagikannya baik melalui media Facebook atau pun Instagram. Tidak sedikit pula di antara warganet yang mengomentari postingan pada media tersebut.

7. Kebebasan dalam Mengatur Anggaran Marketing

Digital marketing senantiasa memberikan kebebasan bagi setiap pebisnis perihal anggaran yang dibutuhkan dalam pemasaran. Anggaran yang dikeluarkan pun bergantung pada pebisnis, bisa 500 ribu bahkan 500 juta sekali pun.  Setiap budget yang dikeluarkan tentunya akan mendapatkan hasil yang sesuai.

Dalam hal ini, digital marketing akan menyajikan report secara jelas, mengingat apliaksi pelacakan yang dapat dilakukan secara mudah. Selain itu, anggaran pun bisa diatur secara manual, sehingga dapat berjalan lebih optimal, efisien dan efektif.

8. Aktif Digunakan oleh Perusahaan dan Pemerintah  

Sebagai salah satu inovasi teknologi, digital marketing adalah salah satu hal yang harus dimanfaatkan sebaik mungkin. Hingga saat ini, digital marketing banyak dimanfaatkan berbagai kalangan, tidak hanya perorangan, melainkan perusahaan besar hingga instansi pemerintah. Hal ini sebagai salah satu bukti, keberadaan digital marketing mampu memberikan kepuasan berbagai kalangan.

Baca Juga : Perbedaan Internet Marketing dan Digital Marketing

Itulah beberapa fakta digital marketing untuk bisnis. Jadi, Anda tidak perlu ragu-ragu untuk mulai terjun melalui digital marketing guna memperluas jaringan pemasaran. Jika memang masih bingung cara melakukannya, Anda bisa menggunakan jasa pelayanan digital marketing yang disuguhkan SEO Lab. Apakah Anda tertarik untuk mencobanya?

4.9/5 - (9 votes)

Leave a Comment