5 Langkah Memulai Digital Marketing untuk Pemula

Memulai Digital Marketing – Untuk menjangkau target pasar yang lebih luas dan cepat, pebisnis menyadari penting sekali untuk memanfaatkan digital marketing dalam bisnis yang dilakukan. Tidak dapat dipungkiri, masyarakat saat ini banyak memanfaatkan internet, baik dalam jual-beli maupun hal lainnya. Terdapat langkah memulai digital marketing terkhusus para pemula yang memiliki minat untuk mencobanya.

Penggunaan digital marketing adalah solusi yang tepat untuk meningkatkan penjualan produk/ jasa yang Anda tawarkan. Tidak sedikit di antara mereka yang baru menyadari pentingnya digital marketing. Jangan khawatir, tidak ada kata terlambat untuk Anda. Jika memang berminat, mulailah saat ini juga. Kami sajikan langkah-langkah yang bisa dicoba untuk memulai digital marketing.

5 Langkah Memulai Digital Marketing

Bagi pemula, yang merasa bingung untuk memulai digital marketing, jangan khawatir. Terdapat bebrapa cara yang bisa dilakukan secara bertahap. Setiap langkah dilakukan dengan penuh ketelitian dan ketekunan. Maka, apa yang Anda mulai pun akan membuahkan hasil yang memuaskan. Di antara langkah-langkah tersebut, yakni sebagai berikut:

1. Menemukan Target Market dan Produk yang Tepat

Poin utama yang harus diperhatikan yakni pemilihat target yang sesuai, baik dari segi customer maupun produk yang ditawarkan. Pastikan produk yang ditawarkan merupakan solusi yang tepat untuk customer Anda. Sebagai contohnya, produk yang dtawarkan adalah digital marketing, maka market yang akan dipilih adalah para pelaku bisnis/ usahawan.

Tips yang bisa dicoba yakni identifikasi masalahnya terlebih dahulu, lalu sajikan solusi terbaik yang tepat. Hal ini bisa diterapkan dalam menentukan market dan produk yang akan Anda pilih.

2. Pilih Produk yang Menyajikan Solusi Terbaik

Selanjutnya, pemilihan produk/ jasa yang akan disajikan. Pastikan produk yang ditawarkan memiliki solusi terbaik, guna meningkatkan kepuasan customer. Banyak perusahaan yang gagal karena tidak memerhatikan solusi yang akan diberikan suatu produk. Berawal dari memberikan solusi yang tepat untuk customer, bisnis apa pun yang dilakukan akan mencapai tingkat keberhasilan.

3. Membangun Website Pribadi 

Jika dua langkah di atas sudah dilakukan, secepatnya lakukan pembangunan website pribadi untuk bisnis yang akan dilakukan. Keberadaan website menjadi toko di mana Anda menyuguhkan produk/ jasa yang ditawarkan. Di sinilah Anda dituntut untuk kreatif dalam mendesain website yang baik dan hiasi dengan sajian konten yang relevan.

Namun, jika Anda masih bingung dalam pembuatan website, kami solusinya. Tim kami siap membantu pembuatan website dengan layanan yang memiliki benefit untuk Anda. disini

4. Memanfaatkan Sosial Media

Selanjutnya, memanfaatkan sosial media dengan membuat akun resmi terkait bisnis yang dilakukan. Beragam sosial media bisa dipilih, mulai dari Facebook, Twitter, Instagrma, dan sebagainya. Setelah membuat akun, Anda hendaknya mengisinya dengan konten yang relevan secara konsisten. Jika hal ini cukup sulit dilakukan, alternatif yang bisa dilakukan yakni dengan merekrut orang-orang yang bisa konsisten dan professional untuk mengisi konten di sosial media.

5. Menggunakan SEO, SEM, dan Sosial Media Ads

Tahapan selanjutnya yakni menggunakan SEO, SEM dan sosial media campaign. Dibutuhkan modal untuk menggunakan support ketiga teknik tersebut. Dibutuhkan kehati-hatian dan ketelitian, sehingga terhindar dari hal-hal yang merugikan Anda.

SEO (Search Engine Optimization)

Mari mengenal terlebih dahulu SEO (Search Engine Optimization). Teknik SEO ini amat penting untuk website yang telah Anda bangun, mengingat manfaatnya berjangka panjang. Hal ini memang rumit jika dilakukan secara mandiri, alternatif yang bisa dicoba yaitu memanfaatkan jasa SEO yang dilakukan oleh para ahli. Jasa SEO merupakan salah satu layanan kami yang bisa dicoba.

SEM (Search Engine Marketing)

Lalu, apa itu SEM? Memiliki kepanjangan Search Engine Marketing yang banyak digunakan untuk menarik perhatian  para visitor atau pun calon customer.

Social Media Campaign

Untuk menggunakan Social Media Campaign, Anda diharuskan menyipakan konten kreatif berdasar standar kualitas iklan sosial media. Adapun contoh Social Media Campaign yakni endorse, Facebook Ads, Instagram Ads, dan sebagainya. Pastikan sajikan konten berkualitas, sehingga iklan yang disajikan pun tidak sia-sia.

Baca Juga : Mulai Bisnis, Apakah Harus Belajar Digital Marketing

Tertarik Menggunakan Digital Marketing yang Lebih Hemat, Efektif dan Efisien?

Untuk memulai digital marketing secara efisien dan efektif, Anda bisa memanfaatkan layanan Jasa digital marketing agency seperti SEO Lab. Percayakan setiap kebutuhan website bisnis Anda pada tim kami yang ahli di bidangnya masing-masing. Hal ini akan membantu Anda mengelola digital marketing dengan tepat, sehingga peningkatan penjualan pun mencapai target.

Nah, itulah beberapa langkah memulai digital marketing yang bisa dicoba para pemula. Memulainya secara autodidak tentu bukanlah hal yang buruk, tetapi pertimbangkan pula dampak yang bisa merugikan Anda. Menikmati layanan dari jasa digital marketing agency bisa menjadi pertimbangan guna menggapai keberhasilan yang diraih.

Leave a Comment