Langkah Terbaik Membuat Website

Langkah Terbaik Membuat Website – Era digital menuntut setiap instansi atau pun perusahaan untuk bisa terjun dalam dunia digital. Salah satu media yang populer digunakan yaitu website. Terdapat langkah-langkah terbaik membuat website untuk kepentingan bisnis. Hal ini dilakukan khususnya untuk melakukan marketing.

Namun, berdasar riset, persentase jumlah pembuat website yang mencapai hasil sesuai harapan sangatlah sedikit. Jika dianalogikan, pembuat website 10 orang, tetapi hanya 2 hingga 3 orang saja yang mendapatkan hasil memuaskan.

Hal tersebut bisa terjadi karena prosesnya tidak disertai dengan langkah yang tepat. Kami, SEO Lab selaku tim digital marketing agency ingin memberikan langkah-langkah yang bisa dilakukan dalam pembuatan suatu website untuk marketing bisnis. Di antara langkah-langkahnya yakni sebagai berikut:

1. Seberapa Besar Potensi Bisnis Anda?

Langkah pertama yang bisa dilakukan yaitu melakukan pengecekan terhadap bisnis Anda. Jika memang memiliki kata kunci yang potensial, Anda pun bisa melanjutkannya. Sebaliknya, jika dirasa keyword-nya tidak potensial.

Namun, setiap keyword yang potensial harus disesuaikan dengan bisnis yang dilakukan. Hal ini akan berpengaruh pada traffic visitor. Suatu website tanpa trafik hanya akan membuat website Anda tidak berguna. Meningkatnya traffic  akan berpelaung mendatangkan konsumen potensial.

2. Perencanaan Biaya Pembuatan Webiste Secara Matang

Anda harus merencakan biaya sematang mungkin, jangan sampai budget yang dikeluarkan tidak menghasilkan website yang menguntungkan. Anda harus menggali informasi lebih mendalam terkait bagaimana meningkatkan potensi penjualan.

Pada dasarnya, suatu website harus mampu meningkatkan traffic visitors. Hal ini dilakukan dengan budget yang tidak sedikit, mencakup biaya untuk jasa SEO, iklan sosial media, iklan Google dan sebagainya. Hal demikian harus direncanakan sebaik mungkin, sehingga modal yang dikeluarkan pun akan menghasilkan profit berlipat ganda.

3. Portofolio Bisnis yang Akurat

Ketika Anda membangun suatu website, harus disiapkan portofolio bisnis yang sedang dilakukan. Sajikan secara informative dan akurat. Portofolio, umumnya bisa berupa foto atau pun semacamnya. Hal ini sebagai langkah untuk membangun kepercayaan dari calon konsumen.

Portofolio yang semakin unik dan menarik, berpotensi mendatangkan calon konsumen potensial. Maka dari itu, penting sekali untuk mengabadikan momen-momen penting perusahaan terutama dalam menunjukkan produk/ jasa yang ditawarkan.

4. Pendataan Buyer Persona untuk Target Market Anda

Buyer persona merupakan sebuah pendekatan yang dilakukan berdasar karakteristik tertentu, mencakup gaya hidup, hobi, kehidupan, dan semacamnya. Karakteristik yang lebih spesifik yang erat pada diri seorang buyer.

Setiap orang memiliki karakeristik masing-masing yang khas. Dalam hal ini, divisi marketing harus lebih peka terhadap apa yang lebih disukai buyer dengan pendekatan personal. Senantiasa mampu memberikan prediksi yang tepat, sesuai apa yang diinginkan calon konsumen.

5. Membangun Website Sesuai Buyer Persona Anda

Anda bisa membangun suatu website menggunakan instalasi cms. Membuat tampilannya dengan desain yang unik dan menarik. Sajikan content copywriting serta halaman yang sesuai dengan puyer persona Anda.

Senantiasa peka terhadap apa yang dipikirkan calon konsumen, mencakup hal-hal yang berkaitan dengan kebutuhan sang konsumen. Sebagai contoh, jika bisnis Anda di bidang wedding, maka tampilannya harus lebih elegan, dengan warna netral dan soft yang lebih mendominasi.

Baca Juga : Estimasi Biaya Pembuatan Website

6. Sajikan Content yang Paling Dicari Buyer Persona

Anda bisa menebak hal-hal yang dicari warganet, dengan melihat secara teliti di bagian “search related”. Terdapat Tools SEO yang bisa Anda gunakan untuk melakukan pengecekan secara menyeluruh terkait beberapa website dengan bisnis yang serupa.

Melalui langkah tersebut, Anda akan mengetahui beberapa kata kunci yang digunakan. Keyword itulah yang harus diolah setepat mungkin, sehingga konten yang disajikan benar-benar sesuai dengan kebutuhan visitors. Sama halnya dengan content marketing yang ingin mendatangkan banyak konsumen.

7. Lengkapi Berbagai Aspek yang Berkaitan dengan Bisnis 

Jangan hanya berfokus pada satu hal, Anda juga harus memikirkan berbagai aspek lainnya yang masih berkaitan dengan bisnis. Bertujuan supaya setiap konsumen bisa menemukan apa yang dibutuhkan secara lengkap dalam satu website.

Misalnya, ketika Anda membuka bisnis wedding, bisa disematkan aspek lainnya, seperti pembuatan souvenir  atau pun undangan. Lalu, sajikan tips atau pun informasi berisi solusi tepat dalam website yang Anda bangun. Hal ini sebagai langkah untuk menyajikan website yang relevan serta memiliki totalitas untuk mneyajikan apa yang dibutuhkan customer.

8. Penerapan 5 Syarat Website Secara Sempurna

Dalam membangun suatu website, Anda harus menerapkan syarat website secara sempurna. Terdapat lima hal yang harus diperhatikan, mencakup:

  • User Experience, website harus nyaman digunakan para user
  • Fast Loading, memiliki kecepatan standar, loading kurang dari 7 detik
  • Mobile Friendly, nyaman ketika digunakan melalui smartphone
  • SEO Friendly, menyesuaikan dengan ketentuan Google, sehingga muncul di halaman utama secara mudah
  • Call to Action, buatlah tampilan yang mampu meningkatkan ketertarikan hingga mencapai cotact order.

9. Carilah Trafik Website Sebanyak Mungkin

Selanjutnya, tingkatkan trafik website Anda. Hal ini bisa dilakukan dengan beragam cara, misalnya dengan berbagi URL melalui media sosial yang beragam. Gunakan campaign digital marketing, seperti halnya SEO dan SEM.

Dua teknik tersebut merupakan strategi yang berpotensi tinggi dalam menentukan target keyword. Hal ini menyesuaikan dengan “search realted” atau pun data yang dihasilkan SEO dan Google Ads.

Baca juga : Syarat dan Kriteria Website yang Baik

Nah, itulah beberapa langkah terbaik membuat website yang harus Anda perhatikan sebaik mungkin. Dalam hal ini, Anda juga bisa menggunakan jasa pembuatan website yang lebih terjamin. Salah satunya, bekerja sama dengan tim SEO Lab yang siap membantu membangun website bisnis sesuai kebutuhan Anda.

Leave a Comment