Perbedaan SEO vs Google Ads

Perbedaan SEO vs Google Ads Kelebihan dan Kekurangannya – Bagi siapa saja yang bergelut dengan dunia marketing, tentunya sudah tidak asing lagi dengan istilah SEO dan Google Ads. Dua teknik ini memiliki pengaruh penting terhadap kata kunci yang Anda inginkan bisa muncul di halaman utama mesin pencarian. Terdapat perbedaan mendasar antara SEO dan Google Ads. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya.

Untuk Anda yang memiliki bisnis di bidang tertentu, meningkatkan pemasaran amatlah penting. Hal ini sebagai salah satu langkah untuk bisa menjangkau pasar yang lebih luas dan cepat. Masyarakat saat ini dominan menggunakan internet. Ketika bisnis Anda bisa muncul di halaman 1 Google, maka akan menjadi keuntungan besar untuk bisnis yang dilakukan.

Untuk memunculkan suatu website di peringkat utama mesin pencarian bukanlah hal mudah. Terdapat dua cara yang bisa dilakukan, yaitu dengan menerapkan SEO (Search Engine Optimization) dan iklan Google Adwords.

1. Terkait Harga

Pada dasarnya, SEO bisa diterapkan secara gratis jika Anda melakukannya secara mandiri. Lain halnya jika menggunakan jasa SEO seperti kami SEO Lab yang siap membantu apa yang dibutuhkan website Anda. Secara umum, SEO rata-rata membutuhkan waktu 3 hingga 6 bulan.

Jika menggunakan jasa SEO tentunya butuh budget  yang tidak sedikit. Namun, SEO bisa membantu mengantarkan suatu website untuk bisa berada di halaman utama Google. Hal ini tentunya akan menjadi peluang besar untuk mendapatkan calon customer yang lebih banyak.

Google Ads pada dasarnya memiliki harga yang fleksibel, bisa murah dan mahal. Hal ini bergantung pada kompetisi para pengiklan. Selanjutnya, per-klik biasanya mencapai 1000 rupiah hingga 5000 rupiah. Biaya Google Ads bergantung pula pada kualitas score dan landing page suatu website.

2. Kecepatan Tayang

Selanjutnya, kecepatan tayang, SEO merupakan teknik yang harus dilakukan dalam waktu yang cukup lama. Durasinya minimal 3 hingga 6 bulan, bukan dalam hitungan hari. Bahkan untuk beberapa kasus, ada yang mencapai 1 tahu untuk bisa memunculkan website Anda di halaman utama Google.

Adapun Google Ads, senantiasa tayang dalam hitungan menit. Dengan catatan sudah di-approve dan sesuai dengan ketentuan dari Google. Untuk penayangan random biasanya disesuaikan dengan budget serta mempertimbangkan jangkauan iklan.

3. Durasi di Halaman Google

Pengelolaan SEO secara berkala/ berkepanjangan berpengaruh pada semakin banyaknya kata kunci yang akan muncul secara organik di bagian halaman utama mesin pencarian. Selain itu, jika website tidak mengalami kendala, akan membuat hal tersebut bisa bertahan lebih lama. Didukung pula dengan konten website yang selalu update akan semakin bertambah pula kata kunci yang muncul.

Lain halnya dengan Google Ads, iklan bisa aktif atau pun non aktif bergantung pada pengiklan. Dalam hal ini, iklan bisa diatur jam tayangnya untuk bisa muncul sesuai kehendak pengiklan. Maka dari itu, Google Ads amat mengandalkan budget pengiklan.

4. Kepercayaan pada User

Sebuah website yang dibangun sebagai media digital marketing tidak akan lepas dari SEO. Hal ini sebagai salah satu langkah guna mengantarkan suatu website berada di peringkat utama mesin pencarian. Ketika website berada di halaman utama Google, tingkat keeprcayaan customer pun akan meningkat.

Mari ambil contoh, ketika seseorang tertarik untuk menikmati layanan jasa SEO Lab, ada kemungkinan untuk mencari tahu terlebih dahulu di mesin pencarian. Lalu, ketika tidak ditemukan di mesin pencarian, calaon customer pun kemungkinan ragu untuk menikmati layanan kami. Sebaliknya, ketika SEO Lab berada di halaman utama Google, tingkat kepercayaannya pun akan meningkat.

Untuk Google Ads, terdapat dua kemungkinan, bisa meningkatkan kepercayaan bisa juga tidak. Mengapa demikian? Tidak sedikit para pengunjung yang kurang menyukai iklan. Meskipun, sebagian pengunjung ada yang berasumsi bahwa website yang beriklan merupakan sebuah perusahaan yang benefit. Maka dari itu, bergantung pada persepsi masing-masing visitor.

Baca Juga : Optimasi Website dengan SEO

5. Tujuan Utama

Baik SEO maupun Google Ads sama-sama memiliki tujuan utama yang hendak dicapai. SEO bertujuan membangun dan meningkatkan trafik suatu website berjangka panjang. Website yang diramaikan pengunjung akan meningkatkan pemasaran yang lesbih luas dan cepat. Hal ini juga akan menjadi salah satu jalan menuju kesusksesan untuk bisnis Anda lakukan.

Adapun Google Ads memiliki tujuan utama untuk menghasilkan sales, konversi, transaksi, atau penjualan dalam waktu yang singkat. Hal ini dilakukan guna mendapatkan keuntungan guna keberlangsungan bisnis secara lancar.

SEO dan Google Ads, keduanya merupakan salah satu teknik dalam jasa digital marketing yang senantiasa saling melengkapi. Google Ads bisa dimanfaatkan untuk merangkul sales dalam waktu yang singkat. Hal ini pun akan dimanfaatkan dalam penerapan SEO pada suatu website. lebih detail bisa baca Apa itu SEO.

Berdasar ulasan di atas, terlihat perbedaan antara SEO dan Google Ads. Di antara kedua cara tersebut memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Untuk selanjutnya, Anda bisa menentukan untuk menggunakan cara yang tepat untuk meningkatkan bsinis Anda melalui digital marketing.

Leave a Comment