Apa itu Digital Marketing ? Pengertian dan Manfaatnya untuk Bisnis

Digital Marketing, Pengertian dan Manfaatnya untuk Bisnis! – Memasuki era digital, Anda tentunya dipaksa untuk bisa mengikuti zaman. Hal ini sebagai salah satu langkah untuk bisa meningkatkan kehidupan yang lebih berpotensi dan berkembang. Era digital ini memberikan kemudahan dalam berbagai aspek, salah satunya dalam bidang ekonomi bisnis.

Banyak di antara usahawan yang memanfaatkan teknologi sebagai sarana pemasaran, selanjutnya disebut dengan digital marketing. Lalu, apa yang pengertian serta manfaat yang disuguhkan digital marketing?

Apa yang Dimaksud dengan Digital Marketing

Mari pahami terlebih dahulu terkait istilah digital marketing. Sebuah aktivitas pemasaran yang dilakukan dengan cara dan teknik dengan memanfaatkan media digital, dengan tujuan mendapatkan customer, data serta meningkatkan traffic. Keberadannya  dimanfaatkan para pebisnis guna melakukan pemasaran yang jangkauannya lebih luas.

Digital marketing terdiri dari dua kata, yakni digital yang berarti suatu peralatan canggih yang berkaitan dengan teknologi. Senantiasa berkembang dan terus berkembang guna menyajikan kemudahan bagi setiap lapisan masyarakat. Adapun kata marketing memiliki arti pemasaran yakni sebuah teknik yang dilakukan guna menyampaikan, menawarkan serta menyebarluaskan suatu produk/ jasa guna mencapai tujuan yang diinginkan.

Terdapat beberapa media yang bisa digunakan untuk digital marketing, sperti marketplace, website, media sosial, online store, dan sebagainya. Kian hari, ragam media digital semakin akrab dengan masyarakat. Hal ini menjadi salah satu pertimbangan pebisnis untuk melakukan digital marketing guna mengembangkan bisnis yang dijalankan.

Tujuan Utama Digital Marketing

Seperti yang disinggung sebelumnya, digital marketing banyak dimanfaatkan untuk pemasaran para pebisnis. Namun, adakah manfaat lain yang disuguhkan digital marketing? Tentu saja masih banyak manfaat yang bisa didapatkan, di antara manfaat tersebut yakni sebagai berikut:

1. Target Pemasaran yang Lebih Luas

Digital marketing memiliki tujuan utama untuk memasarkan sesuatu. Pemanfaatan alat digital ini guna mencapai konsumen yang lebih luas dan cepat. Target pemasarannya akan lebih kompleks, sehingga peluang untuk mendapatkan konsumen pun lebih banyak. Pengguna internet yang terdiri dari berabagi lapisan masyarakat adalah target dari pemasaran yang dilakukan.

2. Meningkatkan Brand Awareness

Selanjutnya, tujuan lainnya yakni meningkatkan Brand Awareness. Baik marketing konvensional maupun digital, meningkatkan Brand Awareness  adalah hal yang wajar dilakukan. Hal ini bertujuan untuk memperkenalkan suatu produk atau jasa yang ditawarkan, sehingga akan lebih mudah untuk diterima masyarakat selaku konsumen. Dalam digital marketing, hal ini dilakuakn dengan memanfaatkan Advertiser Google Ads, Facebook atau pun Instagram.

3. Membangun Database Market

Keberadaan database suatu market amatlah penting guna mendapatkan prospek konsumen yang lebih khusus dan sesuai kriteria perusahaan. Digital marketing mampu mengumpulkan database sesuai krteria suatu produk/ jasa yang disajikan suatu perusahaan. Sebagai contoh, perusahaan hijab, tentu kriteria yang dibutuhkan yakni seorang perempuan muslim kisaran usia 18 hingga 40 tahun.

4. Membantu dalam Analysis Digital

Proses analisa bisa dilakukan dengan baragam alat, seperti Google Analytics, Searc Consule, Facebook Ads Manager, Instagram Insight, dan sebagainya. Hal ini dilakukan guna mengukur perilaku user, ikla hingga anggaran iklan yang digunakan sesuai dengan target pemasaran. Analisa ini merupakan sistem digital marketing yang cukup efektif dan efisien.

Artikel Terkait : Perbedaan Internet Marketing dan Digital Marketing

Media Digital Marketing yang Digunakan untuk Bisnis

Untuk melakukan digital marketing dalam suatu bisnis tentunya dibutuhkan suatu media. Lalu, media apa saja yang bisa digunakan untuk digital marketing bisnis? Yuk cari tahu!

1. Website

Pertama, terdapat media website yang bisa digunakan sebagai digital marketing. Keberadaan website tentunya sudah tidak asing lagi di telinga warganet. Website memudahkan semua orang untuk mengakses ragam informasi, data, promosi, hingga perniagaan (jual-beli). Untuk memulai digital marketing bisa memanfaatkan media yang satu ini. Selain itu, membuat website lebih murah ketimbang membuka kantoran atau pun toko secara langsung.

2. Content Marketing

Selanjutnya, terdapat content marketing yang bisa dimanfaatkan dalam berbisnis. Hal ini dilakukan dengan menyajikan ragam konten berupa artikel, postingan hingga caption baik di Facebook, Instagram atau pun media sosial lainnya. Hal ini dilakukan guna menarik banyak perhatian, sehingga untuk mendapatkan konsumen pun lebih mudah.

3. Sosial Media

Selanjutnya memanfaatkan sosial media yang beragam. Hingga kini, sosial media kian hari semakin bertambah. Banyak sosial media yang bisa dipilih untuk digunakan media digital marketing dalam berbisnis. Melalui sosial media, seseorang bisa dengan mudah mengiklankan produk/ jasa yang ditawarkan, misalnya melalui Twitter, Instagram, Facebook, dan sebagainya.

4. SEO (Search Engine Optimization)

Di kalangan masyarakat mesin pencarian amatlah populer. Banyak mesin pencarian yang dimanfaatkan untuk mencari informasi tertentu. Hal ini pun bisa dimanfaatkan untuk menggaet konsumen dengan menyajikan konten yang teroptimasi dengan SEO. Jika masih bingung untuk melakukannya, maka bisa memanfaatkan jasa SEO, salah satu layanan SEO Lab untuk Anda. Hal ini akan membantu Anda untuk meningkatkan traffic, sehingga peluang mendapatkan customer pun akan meningkat.

5. Google Ads (Search Engine Marketing)

Media lainnya yang bisa dimanfaatkan yakni Google Ads atau dikenal juga dengan Search Engine Marketing (SEM). Terdapat beberapa tempat khusus yang disajikan Google untuk beriklan, yakni Search Engine Marketing(SEM), Display Network, Youtube Ads,  dan sebagainya. Semuanya dapat dipelajari dengan lebih lengkap dan rinci melalui panduan Google Ads.

6. Email Marketing

Selanjutnya, terdapat email marketing yang bisa dimanfaatkan dalam digital marketing. Untuk kalian yang memiliki email, tentu pernah mendapatkan pesan berupa promosi suatu barang atau jasa. Inilah salah satu bentuk pemanfaatan email dalam marketing.

Baca Juga : Fakta dan Peran Digital Marketing

Langkah-Langkah untuk Memulai Digital Marketing

Tertarik untuk memperluas bisnis dengan digital marketing? Tapi masih bingung untuk memulainya? Jangan khawatir, Anda bisa memulainya tahap demi tahap. Langkah memulai Digital Marketing pertama yang bisa dilakukan yakni dengan membuat website yang didesain dengan unik dan tepat. Selanjutnya, sajikan konten yang sesuai dengan target pemasaran, kemudian bangun ragam asset sosial media.

Tahapan selanjutnya, membuat konten marketing, menerapkan SEO, menyajikan iklan, membangun video content, dan jangan lupa untuk diawasi serta ditekuni dengan penuh kerja keras. Jika dirasa masih bingung untuk memulainya, belajar dari ahlinya. Anda bisa konsul dengan SEO Lab yang berkiprah dalam jasa digital marketing agency.

Leave a Comment