Daftar Tugas Pekerjaan Digital Marketer di Perusahaan

Tugas Pekerjaan Digital Marketer – Pada dasarnya kegiatan marketing dalam suatu perusahaan sangatlah dibutuhkan. Hal ini mencakup berbagai skala perusahaan, baik berskala kecil, menengah maupun besar. Teknik marketing ini hendaknya dipahami sebaik mungkin, guna mencapai apa yang diharapkan. Lalu, apa saja tugas pekerjaan digital marketer?

Untuk mewujudkan target pasar yang hendaknya dicapai perusahaan guna meraup sebuah profit, peran seorang digital marketer sangat dipertaruhkan. Di sinilah tugas dan tanggung jawab seorang digital marketer diuji. Mengingat kini, memasuki era digital, sehingga bisnis pun memanfaatkan berbagai media digital.

Digital marketing merupakan sebuah teknik pemasaran yang menggunakan media digital, dengan tujuan untuk mendapatkan konsumen, meningkatkan penjualan dan sebagainya. Seoarng digital marketer adalah pelakunya yang mampu mengelola proses tersebut dengan baik. Di antara tugasnya yang harus dilakukan yakni sebagai berikut:

1. Website Marketing

Seorang digital marketer hendaknya mampu memberikan arahan bagaimana website yang telah dibangun bisa dijadikan sebagai sarana untuk marketing, dengan mendatangkan banyak pengunjung situs. Hal ini bisa dilakukan dengan memberikan arahan dari segi landing page suatu website, desain, struktur navigasi, dan sebagainya.

Adapun pembuatan website bukanlah tugas digital marketer, melainkan dibuat khusus oleh web developer atau programmer. Keduanya memiliki peran yang berbeda, hanya saja kerja sama di antara keduanya harus terjalin kuat demi keutuhan bersama.

2. Optimasi SEO (Search Engine Optimization)

Untuk meningkatkan peluang banyaknya pengunjung suatu situs, dibutuhkan optimasi SEO. Seorang digital marketer dituntut untuk bisa mengoptimasikan SEO pada suatu website bisnis. Hal ini sebagai langkah untuk meningkatkan peringkat suatu website agar muncul di halaman utama mesin pencari.

Ketika suatu website bisa muncul di halaman utama mesin pencari, tentunya untuk mendapatkan visitor yang banyak pun bisa tergapai. Hal ini pun akan menjadi peluang untuk meningkatkan konversi penjualan pada bisnis yang dijalankan.

3. Pengelolaan SEM (Search Engine Marketing)

Untuk mendapatkan calon konsumen yang potensial, teknik SEM ini sangat penting untuk dipahami sang digital marketer. Mengapa demikian? Dengan pengelolaan teknik SEM yang baik, menjadi pendukung untuk bisa muncul di halaman utama Google.

Setiap klik pada kata kunci yang tersedia memiliki biaya yang beragam, bergantung pada keyword yang digunakan. Bergantung pula pada tingkat kompetisi kata kunci yang digunakan, ada yang murah dan ada pula yang mahal. Untuk pengelola iklan hendaknya dipilih seorang digital marketer yang expert, bahkanbersertifikat, sehingga budget yang dikeluarkan pun seimbang dengan hasil yang diinginkan.

4. Pengelolaan SMM (Social Media Marketing)

Memiliki kemampuan untuk mengelola Social Media Marketing. Sebuah teknik yang sangat populer digunakan para pebisnis di Indonesia. Teknik marketing yang memanfaatkan media sosial, seperti Instagram Ads. Atau pun Facebook Ads. Seorang digital marketer dituntut untuk bisa membantu admin dalam memposting suatu konten.

Teknik SMM menjadi strategi guna menciptakan brand awareness untuk priduk atau pun jasa yang disuguhkan. Hal ini menjadi langkah untuk bisa meningkatkan trafik melalui media sosial. Selain itu, bisa dilakuakn dengan menyajikan iklan yang berkaitan, guna menarik perhatian terhadap produk/ jasa yang ditawarkan.

5. Mengelola Display Advertiser

Selanjutnya dituntut untuk bisa mengelola Display Advertiser. Sebuah banner iklan pada suatu situs, merupakan salah satu pekerjaan seorang digital marketer. Secara umum, teknik yang banyak digunakan yaitu Google Display Network yang merupakan bagian dari Google Ads.  Biayanya dihitung dalam setiap klik/ atau pun per-view.

Teknik ini digunakan dengan tujuan untuk menarik perhatian calon konsumen. Selain itu, ikla display menjadi andalannya para perusahaan besar. Dikarenakan sebagai langakh untuk membangun brand awareness.

6. Merancang Strategi Funneling Marketing

Tugas lainnya dari seorang digital marketer yaitu membuat rancangan funneling marketing. Hal ini dilakukan dengan mempertimbangkan divisi marketing lainnya. Funneling marketing yang tepat mampu membantu mendatangkan proses penjualan. Setiap teknik di atas saliang berkaita dalam mewujudkan peluang meningkatnya visitor suatu website.

Baca Juga : Gaji Karyawan Digital Marketing

Apa Key Performance Indicator (KPI) Seorang Digital Marketer?

Sebuah ukuran kuantitatif suatu perusahaan dalam mengukur kinerja yang berhubungan dengan pemenuhan tujuan strategis serta operasional suatu perusahaan. Seorang digital marketer yang baik mampu meningkatkan jumlah leads atau calon konsumen. Selanjutnya, peningkatan dalam segi pemasaran yang akhirnya mendatangkan keuntungan untuk sebuah perusahaan.

Nah, itulah tugas yang harus dilakukan seorang digital marketer. Tugas pekerjaan digital marketer tentunya bukanlah hal mudah. Dibutuhkan kemampuan serta  pengalaman, seperti halnya tim digital marketing kami SEO Lab. Jika Anda membutuhkan digital marketer yang expert, SEO Lab siap memberikan layanan sesaui kebutuhan Anda.

Leave a Comment