Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Digital Marketing

Kelebihan dan Kekurangan Digital Marketing untuk Bisnis – Penggunaan digital marketing saat ini sangatlah populer. Banyak para pebisnis yang memanfaatkan keberadaannya guna memasarkan produk dengan jangkauan yang lebih luas. Namun, yang perlu dipahami, sebelum menggunakan sesuatu, ada baiknya mengetahui kelebihan dan kekurangan menggunakan digital marketing.

Ketika Anda bisa mempertimbangkan kelebihan dan kekurangannya, maka bisa diambil kputusan untuk menggunakannya atau pun tidak. Dengan mempertimbangkannya, Anda pun akan terhindar dari kecewa jikalau ditemukan hasil yang kurang memuaskan. Nah, untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan digital marketing, Anda bisa menyimak informasi berikut ini!

Kelebihan Menggunakan Digital Marketing

Setiap hal senantiasa memiliki kelebihan dan kekurangan. Adapun kelebihan yang disajikan digital marketing yakni sebagai berikut:

1. Memudahkan Kegiatan Pemasaran

Keberadaan digital marketing tak lain untuk mendukung kegiatan pemasaran melalui media digital. Kelebihan yang dimilikinya yakni untuk memudahkan dalam artian mempermudah untuk mendapatkan konsumen yang lebih banyak, sehingga akhirnya konversi penjualan pun meningkat. Melalui teknologi digital, dapat ditemukan customer yang potensial untuk menikmati produk/ jasa yang ditawarkan.

Semakin banyak konsumen yang datag, berpeluang tinggi untuk mencapai penjualan yang meningkat.  Hal ini tentunya lebih mudah dilakukan dibanding teknik konvensional, seperti penyebaran brosur, iklan melalui Koran, atau pun semacamnya.

2. Menjangkau Customer Secara Efektif

Berapa jumlah customer yang ingin Anda jangkau? Dalam per-harinya tentukan target yang ingin dicapai, menggunakan media digital, hal ini tentunya bisa dilakukan dengan mudah. Lain halnya dengan toko offline, yang kebanyakan datang hanya pada momen tertentu, misalnya ketika ada pelaksanaan event atau pun semacamnya.

Adapaun toko online bisa menjangkau konsumen secara luas dan cepat. Ambil contoh, penyebaran konten sangatlah mudah, bahkan hanya dalam hitungan detik bisa tersebar hingga pelosok. Nah, inilah kekuatan digital marketing, yang bisa menjangkau customer dari berbagai lapisan.

3. Menghemat Biaya Iklan

Dengan menggunakan digital marketing, Anda lebih menghemat budget untuk iklan. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan beriklan melalui digital marketing bisa dilakukan hanya dengan biaya 50.000 rupiah saja. Lain halnya jika Anda beriklan secara konvensional, budget yang dibutuhkan pun bisa mencapai puluhan hingga ratusan juta.

Penawaran dari digital marketing ini tentunya akan menghemat biaya iklan untuk bisnis Anda. Banyak media yang bisa dimanfaatkan untuk beriklan, mulai dari Google Ads, Facebook Ads, atau pun Instagram Ads.

4. Data Pemasaran

Melalui digital marketing, bisa dilakukan pengumpulan data pemasaran. Inilah keuntungan terbesar dari digital marketing yang selanjutnya membantu proses iklan melalui Google Ads atau  pun media lainnya. Data para pengguna yang melihat iklan, data yang mencakup para pengguna melalui kata kunci yang dicari, minat, lokasi, usia hingga gender para pengguna.

Kekurangan Menggunakan Digital Marketing

Di balik kelebihan, tentunya ada kekurangan yang bisa saja diperbarui menjadi lebih baik. Di antara kekurangan yang dimiliki digital marketing yakni sebagai berikut:

1. Harus Didukung Pengetahuan dan Pengalaman

Tanpa pengetahuan dan pengalaman, digital marketing tidak bisa digunakan secara maksimal. Sebesar apa pun budget yang Anda miliki untuk menggunakan digital marketing secara autodidak, hasilnya nihil. Tanpa dua poin di atas digital marketing sulit untuk digunakan. Tidak heran banyak perusahaan yang memilih untuk menggunakan layanan dari jasa digital marketing.

Salah satu jasa digital marketing yang bisa Anda coba yaitu SEO Lab. Kami siap membantu bisnis Anda terjun di dunia digital marketing. Didukung oleh tim kami yang berpengalaman serta ahli di bidangnya. Hal ini bisa menjadi pertimbangan untuk Anda yang ingin menggunakan digital marketing.

Bagi pemula, penggunaan dashboard digital marketing seperti Google Analytcs dan semacamnya, proses manajemennya bukanlah hal yang mudah. Dibutuhkan pengetahuan yang mumpuni untuk bisa menggunakannya secara maksimal.

2. Membutuhkan Passion

Setiap orang memiliki passion yang beragam dalam bidang tertentu. Begitu pun dalam menggunakan digital marketing dibutuhkan passion yang tepat. Sebagai contoh, seorang montir, tentu harus ada passion otomotif. Begitu pun digital marketing, harus memiliki passion di bidang teknologi. Passion tersebut akan membantu dalam memahami teknik pendukung, seperti SEO, SEM dan sebagainya.

Maka dari itu passion pada seorang digital marketer sangatlah penting. Hal ini sebagai salah satu penunjang untuk bisa mencapai hasil yang menguntungkan untuk bisnis yang dilakukan. Sebaliknya, tanpa passion yang tepat, diragukan digital marketing bisa memberikan hasil memuaskan untuk bisnis Anda.

Baca Juga : Kelebihan dan Kekurangan SEO dan SEM

Lalu, Bagaimana Solusi Menerapkan Digital Marketing Secara Tepat?

Untuk mendapatkan kelebihan dari digital marketing, tentunya harus ada penerapan digital marketing yang baik dan tepat. Bagaimana untuk melakukannya? Adakah solusi yang bisa dicoba?

1.  Waktu Luang Banyak serta Didukung Semangat Belajar

Solusi pertama yang bisa dicoba yaitu memiliki waktu luang yang banyak. Selain itu, didukung dengan semangat yang tinggi untuk belajar digital marketing. Hal ini bisa dilakukan secara bertahap, mulai dari mengikuti seminar, pelatihan hingga tingkat kursus yang lebih terfokus. Hal ini akan membantu Anda untuk bisa menerapkan digital marketing secara tepat.

2. Merekrut Staff Ahli Digital Marketing

Selanjutnya, alternatif lain yang bisa dicoba yakni dengan merekrut para ahli digital marketing untuk dijadikan staf perusahaan Anda. Selain itu, Anda bisa menggunakan layanan dari digital marketing agency, seperti halnya kami tim SEO Lab yang siap membantu kebutuhan digital marketing Anda.

Baca Juga : Pengertian dan Manfaat Digital Marketing

Nah, itulah kelebihan dan kekurangan menggunakan digital marketing. Setiap poin di atas tentunya bisa dijadikan sebagai salah satu langkah untuk bisa menetapkan keputusan yang tepat. Ketika penggunaannya didukung dengan kemampuan yang tepat, hasilnya pun akan memuaskan.

Leave a Comment